Jadi Dubes untuk AS, Reema Emban Tugas Berat

Reema bint Bandar bin Sultan bin Abdulaziz Al Saud/Youtube

Akurat.co -  Kerajaan Arab Saudi menunjuk Putri Reema Binti Bandar Bin Sultan sebagai duta besar Arab Saudi untuk Amerika Serikat. Posisi Reema saat ini pernah diduduki oleh sang ayah, Bandar bin Sultan, yang merupakan utusan terkenal Arab Saudi di Washington.

Reema menjadi wanita pertama yang mewakili Arab Saudi di Amerika Serikat. Sang putri disebut memiliki pengetahuan mendalam tentang politik dan budaya Amerika Serikat serta memegang reputasi sebagai advokat untuk hak-hak perempuan.

Ditunjuk untuk mengisi jabatan baru, Reema disebut mengemban tugas berat untuk menjaga hubungan baik antara Arab Saudi dengan Amerika Serikat, terlebih hubungan kedua negara tengah dalam titik terendah sejak serangan WTC 9/11.

"Dengan pengecualian administrasi Trump, sikap politik di Washington terhadap Arab Saudi beracun akhir-akhir ini," kata Fawaz A. Gerges, seorang profesor hubungan internasional di London School of Economics, dilansir dari laman Bloomberg, baru-baru ini.

“Dia harus secara aktif melibatkan anggota kongres dan elite kebijakan luar negeri dan meyakinkan mereka bahwa Arab Saudi mendengar keprihatinan mereka. Misinya sangat menakutkan," imbuhnya.

Terkait dengan keraguan banyak pihak, pejabat Arab Saudi menyebut Reema telah mengetahui apa yang harus dilakukannya.

"Putri Reema menyadari bahwa hubungan bilateral telah diuji di masa lalu tetapi kedua negara selalu berhasil mengatasi perbedaan mereka," ujar Fahad Nazer, juru bicara kedutaan Arab Saudi di Washington.

"Putri Reema akan melakukan semua yang dia bisa untuk memastikan bahwa kemitraan yang kuat ini tidak hanya bertahan tetapi juga terus menguat dengan baik ke masa depan," imbuhnya.

Reema diperkirakan akan tiba di Washington dalam beberapa minggu ke depan.

Sumber : Akurat.Co