Menteri LHK Siti Nurbaya : Saya Tidak Akan Mundur Selangkahpun

Menteri LHK Siti Nurbaya | Foto SisiduniaCOM
Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Indonesia, sudah terjadi selama belasan tahun. Selalu berulang dan menyebabkan kerugian besar. Karhutla terus saja terjadi dan menyengsarakan rakyat. Persoalan ini cukup berat secara Nasional, dan bila tidak ditangani, maka akan semakin sulit.

Lalu kita dikejutkan dengan kasus yang terjadi di Rokan Hulu, Riau. Dimana penyidik (PPNS) dan Polisi Kehutanan KLHK, yang sedang melaksanakan tugas sesuai kewenangannya di lapangan, mendapat perlawanan dari sekelompok orang saat menyegel lokasi Karhutla di areal perusahaan. Kasus di Riau ini menjadi penguat indikasi adanya modus utama Karhutla, yang terjadi hampir di seluruh Indonesia.

Untuk kasus penegakan hukum Karhutla di Riau, awalnya bermula dari kekhawatiran saya saat titik api meluas dan muncul kabar masyarakat mengungsi karena asap. Saya benar-benar khawatir, dan saya kira jika benar terjadi, maka itu betul-betul menyakiti rakyat. Apalagi sebelumnya kita tidak pernah mendengar ada cerita rakyat mengungsi bersama-sama seperti itu karena asap.

Selengkapnya