Workshop Jurnalis “Meliput isu perburuhan dan buruh perkebunan"

Ismi dan ayah | foto IndoberitaCOM
Isu ketenagakerjaan atau perburuhan di Indonesia semakin kompleks, di tengah perlambatan ekonomi dunia yang terus terjadi dan persaingan global yang tidak bisa dihindari. Sumber Daya Manusia, regulasi perlindungan ketenagakerjaan yang bekerja di dalam negeri baik formal maupun informal, hubungan industrial, jaminan sosial dan berbagai permasalah lainnya terus menyeruak ke publik.

ketenagakerjaan di Indonesia, yang selama ini mencuat di media hanya pada saat perayaan May Day atau Hari Buruh, adanya TKI yang meninggal, atau demo upah. Padahal, isu ketenagakerjaan bukan sekedar isu permukaan tersebut.

Lebih dari itu, ada isu regulasi baik pusat maupun daerah, SDM, pelatihan kerja ataupun cerita suksesnya perusahaan membangun kondisi hubungan industrial yang kondusif bersama Serikat Pekerja, perbudakan, penipuan ketenagakerjaan, tidak dipernuhinya hak buruh perempuan, bahkan perdagangan dan eksploitasi pekerja anak yang bisa menjadi bahan cerita ke publik agar segera menjadi perhatian pemangku kepentingan. Selengkapnya

Sawit Watch - Duka dan Tangis Para Korban Karhutla 2015, akankah terulang? (Long Version)


 
Sumber: Youtube