MAIPARK dari Indonesia untuk dunia

MAIPARK berhasil mendapatkan Penghargaan Indonesian PR Award Kategori “Top 3 Perusahaan Reasuransi Terpopuler 2019"/Maipark.com


Jakarta - Peranan Public Relation (PR) dalam suatu perusahaan mutlak diperlukan dan memegang peranan yang tak kalah penting dengan lini lainnya dalam rangka meningkatkan perkembangan usaha. Kegiatan-kegiatan PR menjadi salah satu kunci berhasilnya suatu perusahaan dalam melakukan pendekatan tak hanya kepada pasar tetapi juga ke regulator ataupun mitra bisnisnya. Ini artinya peranan PR dalam suatu bidang usaha juga patut diperhitungkan. 

Untuk memberikan apresiasi kepada para PR profesional dalam perusahaan, Majalah Warta Ekonomi menyelenggarakan Indonesia Corporate PR Award 2019 pada baru-baru ini di Balai Kartini, Jakarta.

Indonesia PR Award

Indonesia PR Award 2019, menurut CEO Warta Ekonomi, Muhamad Ihsan dipersembahkan Warta Ekonomi kepada perusahaan yang berhasil membuat perusahaan menjadi yang terpopuler dan memiliki citra yang baik dan terpercaya. 

Pemenang ditentukan berdasarkan riset analisis dan media monitoring pada 40 media online yang di tracking kegiatan bisnisnya, upaya dan kegiatan positif yang dilakukan serta hasil dan dampak yang diterima masyarakat atas kegiatan yang dilakukan perusahaan. 
“Salah satu penilaianya juga melihat keaktifan website atau media in house perusahaan yang dinilai. Kegiatan media monitoring dan analisis dilakukan sejak bulan Mei 2019 hingga Juli 2019 untuk berita yang dimuat dalam satu tahun terakhir,” jelas Muhamad Iksan.

Inovasi Bisnis


Berita-berita ini dikelompokkan dalam keyword tertentu yang dikelompokkan dalam parameter penilaian yang dilakukan Warta Ekonomi adalah dilihat dari Ekspansi bisnis, Kegiatan sosial perusahaan, Operasional ramah lingkungan, Inovasi perusahaan dan Kinerja bisnis. Perusahaan yang dinilai adalah perusahaan yang terbagi dalam kategori industri sebagai perusahaan pertanian perkebunan, asuransi, perbankan, multifinance, barang konsumsi, pertambangan, energi dan migas, konstruksi dan properti, otomotif, ritel, telekomunikasi dan transportasi. 

“Berdasarkan kriteria dan hasil perhitungan yang dilakukan, Maipark berhasil mendapatkan penghargaan kategori “Top 3 Perusahaan Reasuransi Terpopuler 2019,” jelas Muhmad Iksan.

Penghargaan ini menurut Direktur Utama PT Reasuransi Maipark Indonesia, Ahmad Fauzie Darwis akan menjadi pelecut untuk bisa berbuat lebih baik lagi. 

“Saya berharap dengan mendapatkan penghargaan Top 3 Perusahaan Reasuransi Terpopuler 2019, dari penyelenggara yang kredibel, diharapkan juga akan dapat meningkatkan corporate image dari Maipark. Kami percaya penghargaan ini dapat membantu memvalidasi apa yang kami lakukan dan meningkatkan kemampuan perusahaan,” ungkap Ahmad Fauzie.

Pacu Produktifitas 

Hal yang sama diungkapkan oleh Corporate Secretary & Compliance Group Head PT Reasuransi Maipark Indonesia, Jefry Rasyid. Menurut Jefry Rasyid, dengan mendapatkan penghargaan melalui metode ilmiah Maipark secara tak langsung mendapatkan pengukuran terhadap apa yang sudah dilakukan dan bisa mendapatkan masukan berharga yang dapat diimplementasikan untuk perbaikan dan kemajuan Maipark ke depan. 
“Mendapatkan penghargaan Top 3 Perusahaan Reasuransi Terpopuler 2019 ini, tentunya akan memicu kami untuk menjadi lebih proaktif dalam mengelola reputasi Maipark,” jelas Jefry Rasyid.

MAIPARK singkatan dari Maskapai Asuransi Indonesia (MAI) dan Perusahaan Asuransi Risiko Khusus (PARK). MAI merupakan perusahaan asuransi umum tertua di Indonesia dan ijin pendiriannya dibeli oleh 32 pemegang saham pendiri pada tanggal 23 Desember 2003 melalui rapat umum pemegang saham.

Bencana alam menyebabkan banyaknya kerugian harta benda dan korban jiwa yang amat besar setap tahunnya. Secara skala ekonomi, secara konstan meningkat dikarenakan pertumbuhan populasi dan nilai teknologi yang terkonsentrasi pada area-area yang berpotensi rawan bencana. 

Letak kepulauan Republik Indonesia yang rentan terhadap bencana gempa bumi, menyebabkan Indonesia rawan terhadap bencana gempa bumi, letusan gunung api, dan banjir. Peristiwa gempa bumi dan tsunami yang terjadi di tanggal 26 Desember 2016 di pesisir barat Sumatera menjadi pusat perhatian media internasional dan merupakan suatu pengingat yang utama terhadap besarnya kerusakan yang ditimbulkan akibat bencana.


Dunia Industri asuransi memainkan peran yang sangat penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi melalui perbedaan risiko dan menyerap kerentanan. Asuransi bertindak sebagai mesin pemulihan ekonomi setelah terjadinya bencana alam yang besar. Tujuannya adalah untuk membentuk komunitas tertanggung yang membayar premi yang cukup dalam mendapatkan jaminan terhadap timbulnya kerugian yang disebabkan oleh bencana alam.


Sumber: MaiparkCom