Produk Kreatif RI Mendunia

Ilustrasi multitranformasi digital

Jakarta - Baru-baru ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka pameran bertajuk Karya Kreatif Indonesia 2019  yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia (BI), di Hall A, Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Jumat (12/7) pagi.

Pameran yang mengangkat tema “Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Melalui UMKM Go Export dan Go Digital” ini diikuti oleh Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan Bank Indonesia (BI), dan akan berlangsung hingga Minggu (14/7) .

Presiden, seperti dilaporkan laman Setkab RI sempat meninjau sejumlah stan dan produk-produk UMKM lokal yang dipamerkan dalam pameran tersebut mengaku melihat adanya peningkatan kualitas akan produk-produk yang dihasilkan. Utamanya, ia melihat adanya lompatan kualitas yang luar biasa dari sisi pengemasan dan juga pembentukan merek produk yang dijajakan.

“Saya melihat produk-produk UMKM-UMKM yang didampingi, dikawal, dan dibina oleh Bank Indonesia ini ada lompatan dari sisi kualitas. Baik kualitas kemasan/packaging, kualitas membangun brand-nya saya lihat bagus, kemudian design berubah sangat ini sekali, drastis sekali,” kata Presiden selepas peninjauan.

Visual Youtube Kementerian Sekretariat Negara RI

Akses Pasar Global 

Sementara itu, Bank Indonesia (BI) bersama penyedia platform digital bersinergi mendukung kesiapan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Binaan dan Mitra BI memasarkan produk secara online untuk memperluas akses pasar UMKM.

Hal tersebut dilakukan seperti dikutip dari bi.go.id  melalui program persiapan pemasaran online UMKM BI (On Boarding) dan fasilitasi penyediaan platform dan/atau pelatihan pemasaran berbasis digital oleh penyedia platform digital. Demikian hal yang mengemuka dalam talkshow “Pemanfaatan Platform Digital untuk Memperluas Usaha UMKM”, sebagai rangkaian kegiatan Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2019 yang diselenggarakan Minggu (14/07) di Jakarta, dengan narasumber dari Bank Indonesia, Google Indonesia (search engine), Desa Ekowisata Nglanggeran Yogyakarta (UMKM Binaan BI), Nycta Gina (selebritis dan pelaku usaha online), dan Titipku.com (marketplace).

UMKM On Boarding adalah proses penyesuaian pelaku UMKM untuk masuk sebagai penjual di pasar online dan menyesuaikan diri dengan mekanisme yang berlaku di lingkungan marketplace tempat UMKM tersebut berbisnis. Bank Indonesia memfasilitasi pelatihan dan pendampingan untuk UMKM Binaan dan Mitra BI agar dapat on-boarding pada marketplace atau menggunakan media sosial dalam strategi pemasarannya. Melalui teknologi digital, UMKM diharapkan mampu memperluas akses pemasarannya, bahkan hingga ke mancanegara. Dalam rangkaian Karya Kreatif Indonesia 2019, Bank Indonesia turut memfasilitasi business matching (temu bisnis), salah satunya dengan mempertemukan UMKM Unggulan Binaan dan Mitra BI dengan e-commerce.

Pameran KKI 2019 berlangsung mulai Jumat, 12 Juli hingga Minggu, 14 Juli 2019, di Hall A, Jakarta Convention Center. Masyarakat dapat mengunjungi pameran dimaksud tanpa dipungut biaya.

Bekraf Kejar Target 

Targat ekspor senilai US$ 21,50 miliar pada 2019, Bekraf  seperti dikutip katadata tetap mengutamakan peningkatan penyerapan produk kreatif di dalam negeri. (Berbagai Sumber)