#InternationalCoffeeDay Peluncuran Karya Visual "Kopi Pagi Kopi Gayo " ekspedisi Jakarta-Yogja-Solo"

Ekspedisi Seni Kopi Gayo  berawal dari Ngopi Bareng Seniman yang digelar di kafe dan restoran Atjeh Connection, Sarinah, Jakarta baru-baru ini/Dok Ist

Jakarta - Dalam rangka hari Kopi Sedunia #InternationalCoffeeDay Seniman muda Fikar W. Eda dan tim kolaborasi meluncurkan dokumenter visual "Kopi Pagi Kopi Gayo "ekspedisi Jakarta-jogja-solo", yang merangkum agenda touring budaya mereka di Pulau Jawa, kota-kota dengan kantung kebudayaan dan pusat wisata terkemuka dunia, Jakarta-Solo dan Yogyakarta.


Beberapa analis mengatakan Melalui karya dokumenter visual ini diharapkan lintas komunitas para pemangku kepentingan seni budaya dunia lebih proaktif dan peduli terhadap masa depan pelestarian seni budaya Gayo sebagai formula konkrit edukasi,  demokrasi yang selaras sejalan dapat menjadi cermin peradaban yang dipertahankan selamanya.

Analis menambahkan, kreatifitas kalangan muda Gayo ini sekaligus wujud konkrit kearifan lokal petani kopi, sebagian besar perempuan pemetik-sortir kopi (tradisional), mereka yang menggantungkan hidupnya dari sumber daya ekologi yang terjaga dan dinilai masih paling komplit di bumi dengan cadangan air sumber air baku terbaik yang pernah ada, ditambah flora fauna terlengkap orang utan , harimau gajah dan lain-lain yang hidup berdampingan dengan warga.

Gayo-Leuser Situs Warisan Dunia 

Wilayah yang dalam wikipedia.org  disebutkan Kawasan Ekosistem Leuser. Kawasan yang memiliki luas 2,6 juta hektare ini meliputi area yang lebih datar di sekeliling TNGL dan berfungsi sebagai penyangga (buffer).Petani kopi nelayan danau (Danau Laut Tawar, Aceh Tengah) serta hampir sepuluh kabupaten di Aceh dan Sumut yang masuk kawasan Leuser tentu dengan berbagai profesi ekonomi beragam bangkit bergerak menjaga merawat  kawasan "seindah" Leuser, hutan hujan tropis taktergantikan bumi (UNESCO; Warisan Hutan Hujan Tropis Sumatra, Jenis: Alam, Kriteria: vii, ix, x,  Ditetapkan: 2004 (sesi ke- 28). (Berbagai Sumber)